Kamis, 12 April 2012

Vitamin B3, (Niacin)


Dua koenzim yang dibentuk vitamin B3, NAD dan NADP di butuhkan untuk beberapa aktivitas metabolisme, terutama metabolisme glukosa, lemak dan alkohol.

Vitamin B3 memiliki keunikan diantara vitamin B karena tubuh dapat membentuknya dari asam amino tritophan. Vitamin B3 membantu kesehatan kulit, sistem syaraf dan sistem pencernaan.

Daging, unggas (ayam, itik dll), dan ikan merupakan sumber utama vitamin B3, sama halnya roti dan sereal (biji-bijian) yang telah diperkaya. jamur, asparagus, dan sayuran hijau merupakan sumber yang paling baik.

Kekurangan vitamin B3 dapat mengakibatkan pellagra yang menunjukkan gejala seperti dermatitis, diare, dan dementia.

Gejala kekurangan vitamin B3 lainnya adalah kehilangan nafsu makan, lemah, pusing, dan kebingungan mental. kulit dapat menunjukkan gejala dermatitis simetrik bilateral, khususnya pada daerah yang terkena sinar matahari langsung.

Vitamin B3 dalam jumlah besar dapat menjadi racun pada sistem syaraf, lemak darah, dan gula darah. gejala-gejala seperti muntah, lidah membengkak, dan pingsan dapat terjadi. Lebih lanjut, hal ini dapat berpengaruh pada fungsi hati dan dapat mengakibatkan tekanan darah rendah

Sumber : majalah Info Obat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar